Kamis, 17 November 2011

laporan mengenai GAME VIRTUAL


PENDAHULUAN

            Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga saya disini dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen Mata Kuliah “Manusia dan Kebudayaan Massa” ini dengan baik dan tepat waktu. Tugas kali ini sebagai pemenuhan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) pada semester 3 ini dalam bentuk artikel. Selain sebagai pemenuhan nilai, tugas kali ini juga dapat digunakan sebagai referensi bacaan, atau bias juga dikatakan sebagai tambahan mengenai informasi yang kini tengah marak di tengah masyarakat kita.
            Virtual, kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Maya, tidak nyata adalah pengertian dari kata virtual yang memiliki fungsi yang banyak bagi kita. Diantaranya adalah sebagai sumber informasi kita (internet) dalam mencari data-data buat tugas yang ada.lalu dengan adanya dunia virtual kita dapat mendapat teman-teman baru yang kita tidak mengetahui seperti apa wajaj mereka, kita dapat menggunakan fasilitas “Chatting” yang kini sudah mnjadi sebuah budaya.lalu ada juga yang memanfaatkan dunia Virtual atau dunia maya ini sebagai suatu media untuk bermain. Atau istilahnya adalah “game online” yang kini makin diminati. Berbagai mcam game-game ditawarkan oleh beberapa instansi. Mulai dari game yang beraliran barat atau game yang berbau islamipun tak kalah ikut ambil bagian. Untuk lebih lengkapnya akan saya uraikan pada bagian yang lain.
            Disini yang menjadi perhatian saya adalah game online yang memiliki anyak variasi yang membuat masyarakat rela mnghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer demi sebuah game. Seperti seekor kerang jangan liat ia dari kulit luarnya saja namun lihat ia lebih dalam. Seperti makalah yang saya buat ini jangan lihat ia sebagaisebuah perilaku yang tidak bermanfaat.namun, di balik itu semua ia memiliki sebuah manfaat, salah satunya adalah cara menghilangkan stress. Kiranya ini yang dapat saya utarakan sebelum saya menguraikan materi mengenai Game online secara lebih detail.
GAME VIRTUAL
YANG KIAN MENJAMUR DI KALANGAN MASYARAKAT

Sebelum kita melangkah menuju apa sih gamne online itu? Terlbih dahulu akan saya jelaskan beberapa pengantar mengenai dunia Virtual atau dunia maya itu dahulu. Virtual itu sendiri memiliki beberapa pengertian diantaranya adalah” Maya dan tidak nyata. Digunakan umumnya untuk suatu bayangan kejadian dunia nyata yang dibentuk melalui tekhnologi. Seperti virtual reality, virtual community,dsb.”
Internet sebuah nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita secara harfiah merupakan sebuah kependekan daripada perkataan “inter-network” yaitu rangkaian computer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian.lalu kita juga mengenal istilah “server” yaitu sebuah system computer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan computer. Server sendiri didukung dengan prossesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar juga dilengkapi dengan system operasi khusus, yang disebut sebagai system operasi jaringan atau network operating system. Contoh dari operasi server adalah Windows NT 3.51, yang dilanjutkan dengan windows NT 4.0. saat ini system yang cukup popular adalah Windows 2000 server dan windows server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix dan GNU/Linux.
Fungsi dari server itu sendiri sangatbanyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data. Namun yang paling umum adalah untuk mengkoneksikan computer client ke internet.
Ketika berbicara mengenai game. Apa sih game itu ? game sebuah kata yang diambil dari bahasa Inggris yang berarti permainan. Sebuah permainan yang dimainkan dengan tidak berhadapan seorang atau alat-alat permainan yang nyata. Itulah game virtual. Setiap orang pasti tidak akan menolak jika disodorkan sebiah permainan, entah itu permainan yang berada di dunia nyata, di hp (baca hand phone) atau di internet. Mereka akan dengan senang hati memainkannya. Ada yang beralasan itu adalah sebuah sarana yang bagus untuk menghilangkan stress karena rutinitas yang tidak ada habisnya, sehingga perlu sebuah hiburan. Dengsn begitu urat-urat saraf yang ada di otak menjadi lebih rileks atau santai. Ada yang berdalih dengan bermain game dapat menambah ketangkasan kita, ada yang beralasan game itu adaklah sebuah sarana pengetahuan, karena memang ada sebuah game yang sengaja dirancang untuk menguji seberapa luas pengetahuan yang kita miliki. Dan sekarang ini banyak bermunclan game-game yang berhadiah uang jutaan uang. Jadi alas an lain juga timbu selain membuat dirinya terhibur, menguji wawasan si peserta ia juga mendapat sejumlah uang, dengan begitu alasan investasi banyak hinggap di masyarakat. Namun disini saya tidak akan menjelaskan semu game-game yang telah saya jelaskan tadi. Saya menyesuaikan dengan tema yang telah pakai, yaitu virtual. Jadi, game yang akan saya kupas adalah game yang hanya berada di dunia virtual atau yang hanya berada di dunia maya saja. Meski demikian game virtual itu sendiri sekarang telah memiliki banyak penggemar, dengan adanya banyak variasi dengan begitu tambsh banyak pula game-game yang bermunculan dan saling bersaing menjadi yang terbaik dan termutahkir.
Game online itu kini dapat kiita temui di berbagai belahan dunia. Karena itu jika dilihat dari pengertian budaya popular yang kurang lebih demikian sebuah kegiatan yang ada dalam masyarakat yang kemudian diikuti oleh banyak orang dapat dikatakan sebagai budaya popular atau budaya massa. Seperti data yang saya dapat dari helsinski Game online seperti Second Life di mana para pemain menjalankan karakter di sebuah dunia virtual cukup populer belakangan ini. Namun dunia Second Life yang begitu bebas dinilai kurang sesuai bagi kaum Muslim, misalnya karena banyaknya karakter yang berpakaian minim. Tak seperti Second Life yang cukup liberal, dunia virtual baru tersebut akan kental dengan budaya Islam.
Portal virtual Muslim tersebut dikembangkan oleh Muxlim.com, komunitas Muslim online berbasis di Finlandia yang diklaim terbesar di dunia. Menurut VP Muxlim.com, Ashar Saeed, dunia virtual itu bakal dinamai Muxlim Pal.
Di Muxlim Pal, banyak karakter wanita akan memakai jilbab. Selain itu, para karakter virtual juga bisa melakukan kegiatan ibadah rutin setiap harinya. Disini juga dikatakan bahwa game yang dikembangkan oleh Muxlim Pal pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan dunia virtual semacam Second Life. Para pemain dapat membuat karakter virtual untuk beraktivitas di dunia rekaan itu, misalnya membuat rumah atau berolah raga.Tujuan pembuatan Muxlim Pal ini adalah untuk mengeksplorasi budaya Islam, khususnya bagi masyarakat dunia barat. Saed memaparkan bahwa nantinya game Muxlim Pal tidak hanya bisa dimainkan oleh kaum Muslim, tetapi juga umat lain yang ingin tahu tentang kebudayaan Islam. Karena pada dasarnya game-game yang ada dewasa ini memang demikian adanya semoga dengan kehadiran game yang berbau islami ini tak kalah pamor dengan game-game yang telah memiliki banyak peminat.
Sebelumnya kita telah berkenlan dengan sebuah game yang liberal ataupun dengan game yang islami, kali ini adalah sebuah game yang yang cocok dengan anda yang suka dengan Racer. Game yang satu ini memiliki fasilitas 3-d (3 dimensi) jadi lebih terlihat nyata walau sebenarnya ia berada di arena virtual. Disini kita bias menekuni dunia otomotif, baik dari mengoleksi kendaraan serba antik beserta aksesorisnya maupun memoles dan meyayangi moil nan mewah adalah salah satu hobi yang memikat banyak orang. Di sisi lain, menikmati ketegangan meluncur pada kecepatan tinggi menggunakan mobil-mobil ala James Bond bukanlah ragam kegemaran yang dapat dirasakan setiap orang. Barangkali hal ini yang menjadikan dunia dipenuhi dengan puluhan game yang bergenre racing, kebut-kebutan di dunia yang maya jelas cukup hemat lagi murah, dan tentu saja juga lebih aman. Racer adalah salah satu game yang dirancang untuk memenuhi kehausan para maniak racing. Selain membuktikan bahwa juga ada game 3-D yang berkualitas untuk Linux, Racer terbilang unik karena mencoba mensimulasikan dinamika mobil berdasarkan model fisik yang akurat. Di situs web Racer, Ruud van Gaal, sang pengembang, tidak sungkan-sungkan menjelaskan beberapa algoritma simulasi yang penting. Bagi Anda yang studinya adalah soal mesin mobil, barangkali hal tersebut bisa bermanfaat. oal grafis, Racer tidak dapat dipandang remeh karena telah menyediakan dukungan untuk berbagai efek khusus yang ada di game komersil, sebut saja misalnya smoke, fog, skidmarks, sparks, dan masih banyak lagi. -mobil yang tampil juga bisa memiliki permukaan yang mengkilap (shiny material). Seperti lazimnya game 3-D, grafis yang memukau harus dibayar dengan kebutuhan hardware yang memadai. Jika anda sangat menyukai Racer, sangat dianjurkan untuk tidak melewatkan situs web Racer Extreme disitu anda dapat mendownload bderbagai tipe mobilterbaru sehingga permainan anda akan sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Dalam game ini kita juga bias mengotak-atik mobil kita dan lebih uniknya lagi mobil kombinasi kita tidak harus monoton beroda 2 tapi bias juga beroda 2 atau 8. disini memang efek suara yang disuguhkan belum begittu sempurna tapi itu bukanlah sebuah kendala yang berarti,dan memang Racer masih tergolong 'pas-pasan' dan belum bisa menandingi game-game komersil lain Hingga kini, Racer yang bersifat multi-platform ini tidak hanya didapati untuk Linux tetapi juga Windows dan SGI Irix. Bahkan, versi Mac OS dari Racer juga sedang dalam tahap penggarapan. Memang setiap game pastilah memiliki yang namanya kekurangan dan kelbihan. Pada game racer ini bias dinikmati dalam sepuluh tampilan, sehingga seakan-akan kita duduk di dalam sebuah mobil atu kita seperti berkendara dengan menggunakan sebuah mobil padahal kita sbenarnya hanya sedang memainkan sebuah permainn yang ada di dunia virtual. hebat kan..? Karena sifatnya yang free, Racer mendapat sambutan hangat dari banyak penggemar.
Selain game racer ada juga game GT (Grand Turismo) yang bekerja sama dengan pabrik mobil terkenal Citroen. Mobil ini dipamerkan di Paris Auto Show dan berhasil menyita perhatian pengunjung.GTbyCITROEN didesain secara khusus agar dapat memunculkan dunia virtual dan nyata berbarengan. Pengunjung dapat mengendarai GTbyCITROEN dalam sebuah simulasi nyata di stand Citroen. Hasil kerja bareng Citroen dan pengembang game Gran Turismo ini sekaligus digunakan sebagai ajang promosi seri kelima game Gran Turismo, franchise balapan yang sudah terjual jutaan kopi di seluruh dunia.dan dapat saya dikatakan disini bahwa game mobil, atau racer memiliki banyak variasi dan peminat.
Dunia virtual memang tidak bias lepas dari yang namanya sesuatu yang tidak nyata, apalagi dengan game yang satu ini. Sebuah game yang diangkat dari buku yang penjualannya best seller, buku yang dibaca hamper oleh anak-anak di seluruh dunia. Yup, Harry Potter yang ditulis oleh pengarang terkenal J.K Rowling ini sekarang kita dapat menjumpainya dalam “dunia Virtual Hogwart”. Cara permainannya gampang. Bagi kalian yang maniak banget yang namanya harry potter pasti kenal yang namanya tes masuk tenang saja masuknya tidak harus melawan troll, atau yang lain. Lalu setelah kita terpilih jadi murid hogwards kita akan digolongkan berdasarkan bakat dan minat kita. Seperti misalnya untuk asrama Griffindor, asrama Ravenclaw, asrama Hufflepuf dan yang terakhir Slytherin. Lalu seperti pada novel yang ditulis oleh Rowling, di sekolah terdapat pertandingan Quiddict dan di akhir tahun akan pemenang bagi asrama yang memiliki point paling banyak. Bagaimana caranya agar dapat point yang banyak? Caranya tak jauh berbeda dari kisah aslinya. Kita harus jdai murid yang pandai menguasai ilmu sihir, menguasai mantra, cerdas dan juga pemberani. Ingin menjadi teman hari potter segera gabung aja .. jadi bila saya katakn novel karangan J.K Rowling adalah sebuah buku yang secara tidak langsung membawa kita alam imajinasi sebuah dunia virtual.
Jadi, baik novel atau game virtual semuanya merupakan hal yang menarik menirut saya.  Disini saya menggunakan pandangan subjektif saya sebagai penulis. Menurut saya saya lebih menyukai game yang satu ini, mengapa? Karena disini saya seakan memasuki sebuah dunia yang benar-benar ada dalah imajinasi saya yang bias kendalikan dengan kekuasaan penuh ada di tangan saya. Bukan karena nama harum sang pengarang yang mendunia tetapi karena saya memang menyukai hal-hal yang bersifat imajinasi. Seakan dunia ini adalah milik kita pribadi.
Di tahun 2007 yang lalu telah dirilis sebuah game baru dengan tema game simulasi besar menjadi warga Negara dunia virtual. Bila umumnya game itu dibuat berada di luar batas kenyataan, tapi game ini dibuat dengan kedaan yang benar-benar riil, benar-benar nyata. Namun tetap berada dalam kawasan virtual. Game ini memfokuskan perhatiannya pada kondisi perekonomian, politik, media dan militer. sebuah game online yang mencoba mengedepankan gambaran riil pertarungan dunia, di luar dunia nyatanya. sistem ekonomi dibangun dengan basis lima jenis perusahaan, yaitu makanan, hadiah, perumahan, senjata dan rumah sakit. sementara sistem partai politik dibangun sesuai dengan kemampuan warganya, 40 Gold untuk mendirikan sebuah partai.Dalam sistem politik, dilakukan pemilihan Presiden baru sebuah negara dalam setiap bulannya. Dilakukan juga pemilihan Mayor             (atau Gubernur) pada setiap bulannya. dan pergantian pimpinan partai pun dilakukan dengan sistem satu orang satu suara.Kebebasan media sangat dihargai. setiap artikel boleh diterbitkan. aturan pun terbangun di saat warga negara mulai membangun kesepakatannya. bila ada larangan-larangan yang dikeluarkan berkaitan dengan media, adalah berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat. Sistem ekonominya dibangun berdasarkan sebuah kesepakatan atas pengusaha. dukungan pemerintah pun dapat diberikan kepada pengusaha, disaat diperlukan untuk kepentingan negara. misal, saat eIndonesia memerlukan rumah sakit bagi setiap region, maka diberikanlah donasi kepada pengusaha yang membangun rumah sakit agar kemudian dapat dibeli oleh Mayor region yang membutuhkan. Peperangan pun akan dimulai. ada sebuah perjanjian antara negara yang juga dibangun, untuk melakukan bantuan ataupun dukungan terhadap peperangan yang terjadi. perjanjian antara negara juga dapat terjadi untuk kepentingan ekonomi. Pertarungan dalam dua hari terakhir adalah ketika sebuah perusahaan melakukan penjualan makanan berkualitas sedang dengan harga murah,. Yang menjadikan sebagian besar perusahaan yang memproduksi makanan dengan kualitas lebih rendah akan segera menghadapi kesulitan dalam keuangan. Dalam pertarungan politik, terjadi juga pertarungan antara ketika dukungan partai diberikan kepada calon presiden dari partai lain. partai oposisi pun selalu mencoba menempatkan diri sebagai oposan pemerintah. permainan politik pun masih dalam tahap pembelajaran politik. kedewasaan berpolitik sangat diuji dalam pertarungan politiknya. Dalam beberapa waktu yang lalu , eRepublik juga akan menyertakan fitur tambahan, yaitu kekayaan alam, bencana alam dan berbagai fitur yang lebih baru lagi. eRepublik, bukanlah sekedar game online. Namun juga menjadi sebuah mekanisme pembelajaran menjadi warga dunia. atau bisa jadi inilah awal belajar untuk pembangunan dunia datar. Yang bisa dilakukan di eRepublik:
1. Cari kerja, bikin resume/CV, dan cari perusahaan yang cocok untuk menambah ilmu.              2. Bergabung dengan salah satu partai politik, pilih yang sesuai, ada partai kanan, kiri, tengah, liberal, komunis, dll. Pada waktunya, nanti bisa bikin partai sendiri, cari pendukung, dan ikut Pemilu untuk jadi Gubernur/Presiden. Atau mau jadi anggota Senat aja yang kerjanya bikin Undang-undang?Bisa. 3. Kalau udah cukup dana, bikin perusahaan produksi (makanan, perumahan, senjata, rumah sakit) yang hasilnya akan dikonsumsi oleh sesama rakyat eRepublik. Mau perang harga, bikin produk premium, atau menggunakan perusahaan sebagai alat politik, sah dan bisa juga. 4. Bikin usaha koran dan tulis artikel, membentuk opini publik lewat tulisan-tulisan kamu tentang politik dan ekonomi di eRepublik. 5. Bergabung dengan tentara, latian perang untuk siap-siap bila diserang negara tetangga (atau nyerang? ...). dengan adanya game yang satu semakin menambah deretan game-game yang telah hadir di blantika dunia virtual. Kalau boleh saya berpendapat mungkin pencipta game yang satu ini telah bosan dengan keadaan dunia ini yang semakin berantakan, dimana keadilan kini bias diperjual belikan dengan seenak perut mereka. Lalu peraturan-praturan yang telah ditetapkan dengan menghabiskan uang rakyat dengan tidak ada rasa bersalah sama sekali mereka-mereka yang berada di atas melanggarnya begitu saja. Dan baru-baru ini telah muncul sebuah persepsi “sebuah peraturan itu memang sengaja dibuat untuk dilanggar” Jadi, game ini cocok untuk seorang yang haus akan keadilan.
           
           





















PENUTUP


            Dengan mengucap syukur alhamdulillah kepada Allah SWT. Jika tanpa kuasanya artikel yang saya bust ini tidak akan selesai. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada bapak Dosen mata kuliah Manusia dan Kebudayaan Massa dan juga Asistennya, teman-teman dan semua pihak yang tidakbisa saya sebutkan satu persatu.
            Dapat disimpulkan disini bahwa game Virtual kini makin marak, makin menjamur di kalangan masyaraka. Game ini tidak memandang agama seorang kaum, kalangan. Dengan adanya variasi yang dimunculkan menambah deretan panjang peminat game virtual. Dari sekian banyak game yang telah kemukakan di atas semoga dapat memberi manfaat kepada para pembaca. Adapun fungsi dari penikmat gamer’s itu tidak lain adalah untuk : menghilangkan stress, mngurangi tingkat kejenuhan, sebuah investasi, menambah wawasan, dan manfaat dari pencipta gamer’s itu adalah sebagai berikut : sebagai sebuah media pembaruan dikala dunia banyak bermunculan game-game yang bersifat liberal dan sebuah investasi yang mengguntungkan.
            Seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, no body’s perfect dalam bahasa inggris yang tak lain tak ada sesuatu hal yang ada di dunia ini yang sepurna. Tapi bukan berarti kita menyerah karena kita tidak bias melakukan hal yang sempurna, dan paling tidak kita telah berusaha. Untuk itu tak lupa saya meminta saran dan kritik yang membangun sehingga artikel-artikel saya berikutnya akan jauh lebih baik.




Gresik, 22 November 2008

Penulis.
GAME VIRTUAL
YANG KIAN MENJAMUR DI KALANGAN MASYARAKAT


dissusun oleh :
Delly Novianti
072144027

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
PRODI SASTRA INDONESIA
Tahun 2008
DAFTAR RUJUKAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar